VISI DAN MISI

VISI

Menjadikan agama sebagai landasan moral, unggul dalam prestasi dan berbudaya lingkungan

Visi MIN 2 Madiun tersebut memiliki indikator capaian sebagai berikut :

  1. Menjadikan agama sebagai landasan moral.

Indikator:

  1. Setiap tindakan, adab, dan tingkah laku selalu berpegang teguh pada nilai agama.
  2. Memiliki karakter yang mencerminkan ketaatan pada agama
  1. Unggul dalam prestasi

Indikator:

  1. Prestasi akademik di tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional
  2. Prestasi non akademik di tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional
  3. Menemukan talenta diri untuk berkembang
  1. Berbudaya lingkungan

Indikator:

  1. Berperilaku hidup bersih,disiplin , jujur ,taat aturan /tata tertib yang ada di Madrasah ataupun di Masyarakat.
  2. Saling menyayangi makluk Allah ( Manusia,Hewan dan Tumbuhan ).
  3. Peduli lingkungan bersih dan sehat (babas dari rokok,alkohol,narkoba dan obat terlarang lainnya)baik di Madrasah maupun di rumah masing-masing.
  4. Beperilaku pelestarian fungsi lingkungan,mencegah terjadinya pencemaran( Tanah,Udara dan Air ) dan menghindarkan  Kerusakan Lingkungan.

MISI

  1. Mewujudkan generasi islami berdasarkan Al-Qur’an dan Al-Hadits;
  2. Melaksanakan pembelajaran PAKEMI untuk meraih prestasi bidang akademik dan non akademik;
  3. Menciptakan lingkungan madrasah yang bersih, sehat, asri, dan ramah anak;
  4. Menumbuhkan perilaku peduli lingkungan untuk mencegah pencemaran dan kerusakan melalui pelestarian fungsi lingkungan hidup.

 

TUJUAN

  1. Terwujudnya kegiatan keagamaan di lingkungan madrasah : sholat dhuha berjamaah, sholat zhuhur berjamaah, tahfidz surat-surat pilihan, BTA, tartil Al quran dan pengajian Ahad Wage.
  2. Terwujudnya kompetensi dasar peserta didik dalam pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
  3. Terwujudnya proses   belajar   mengajar  dan bimbingan secara  aktif,  kreatif, efektif   dan  menyenangkan   dengan pendekatan saintifik untuk mencapai KI spiritual, KI sikap sosial, KI pengetahuan, dan KI keterampilan pada kelas I dan IV serta Kompetensi Dasar pada kelas II, III, V, dan VI.
  4. Terwujudnya kegiatan Ektrakurikuler / pengembangan diri dalam bidang seni dan olahraga sehingga peserta didik dapat mengembangkan potensi diri sesuai bakat secara optimal sehingga siap mengikuti berbagai jenis ivent atau perlombaan.
  5. Terwujudnya kegiatan kepedulian sosial di lingkungan madrasah, penghijauan dan Jum’at bersih.
  6. Terwujudnya warga sekolah yang berkarakter dan peduli lingkungan
  7. Terwujudnya pengendalian pencemaran, kerusakan lingkungan hidup serta melakukan kelestarian fungsi lingkungan hidup